Pengaruh Attraction, Accessibility And Service Terhadap Interest To Visit Dan Dampaknya Terhadap Visiting Decision Pada Mall Plaza Mulia Samarinda

  • Nadella Nasda Aprilicia Universitas Mulawarman
  • Wira Bharata Universitas Mulawarman
Keywords: Atraksi, Aksesibilitas, Pelayanan, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Abstract

Plaza Mulia adalah sebuah mall dengan konsep family mall yang menyediakan semua kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Namun sayangnya, diketahui bahwa jumlah pengunjung ke plaza mulia mengalami penurunan terlebih ketika Indonesia dilanda pandemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab perumusan masalah, yaitu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik, aksesibilitas dan layanan pada minat untuk mengunjungi dan dampaknya terhadap keputusan kunjungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden yang pernah berkunjung ke mall plaza mulia samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa terdapat hubungan antara atraksi wisata terhadap minat berkunjung dan berdampak pada keputusan berkunjung positif dan signifikan, hubungan antara atraksi wisata terhadap minat berkunjung positif dan signifikan, hubungan antara aksesibilitas terhadap minat berkunjung positif dan signifikan, hubungan antara pelayanan terhadap minat berkunjung positif dan signifkan, hubungan antara minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung memiliki efek positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran untuk pengelola mall Plaza Mulia Samarinda untuk memberikan pilihan atraksi wisata, menyediakan layanan parkir valet, merawat fasilitas mal.

Published
2021-12-30