Inovasi Hidangan Penutup Dingin Menggunakan Teh Earl Grey

  • Nikita Andina Amariza Politeknik Internasional Bali
  • Billy Tanius Politeknik International Bali
  • Ni Nyoman Widani Politeknik Internasional Bali
Keywords: Inovasi, Hidangan Penutup Dingin, Teh Earl Grey

Abstract

Karya kompetitif kreatif ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode Research and Development. Survei dilakukan dengan menggunakan uji hedonik yaitu dengan menggunakan kuisioner yang diberikan kepada enam orang panelis untuk memberikan penilaian tentang hasil inovasi hidangan penutup yang menggunakan teh earl grey.

Karya kompetitif kreatif ini menghasilkan 12 ((two layer earl grey burnt cheesecake, mini earl grey choux au craquelin, black and white earl grey mousse, earl grey panacotta with butterscotch sauce, mango sticky rice with earl grey sauce, roll cake with earl grey choco ganache, earl grey ice cream, earl grey lemon macaron, earl grey cranachan, earl grey milecrepes, earl grey rumball, earl grey fruit pie) inovasi hidangan penutup dingin dengan menggunakan teh earl grey yang sudah di tes dari segi rasa, aroma, warna dan tekstur. Hasilnya rata-rata nilai yang didapatkan menunjukkan bahwa para panelis menyukai inovasi hidangan penutup dingin dengan tambahan teh earl grey. Inovasi hidangan penutup dengan teh earl grey memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari makanan aslinya namun masih tetap mempertahankan ciri khas hidangan penutup tersebut, dan masyarakat bisa menerima inovasi teh earl grey sebagai hidangan penutup.

Dari hasil karya ilmiah ini diharapkan agar para pekerja/pengusaha pada bidang kuliner selalu inovatif dan kreatif, merealisasikan ide-ide baru, mengembangkan yang sebelumnya sudah ada dan dikemas menjadi lebih menarik, serta menciptakan trend baru dalam bidang kuliner. Masyarakat juga perlu untuk diedukasi tentang inovasi-inovasi makanan supaya timbul minat lebih sehingga bidang kuliner bisa terus berkembang.

Published
2021-12-30