Be Jubel Dan Be Ancruk Kuliner Ekstrim Langka Di Bali

  • Dewa Putu Makapagal Politeknik Internasional Bali
  • Nelsye Lumanauw Politeknik Internasional Bali
Keywords: Jubel, Ancruk, Langka, Bali

Abstract

Jubel adalah sejenis larva serangga air berbentuk ulat yang hidup di wilayah perairan berlumpur. Ancruk, berbentuk ulat bulat memanjang berwarna putih, dikenal sebagai ulat sagu. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mendeskripsikan gastronomi be jubel dan be ancruk. (2) memeroleh strategi menghindari kepunahan dari sumber hidup bahan utama be jubel dan be ancruk. Penelitian menggunakan teori gastronomi dan teori revitalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jubel dan ancruk memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia dengan beberapa kandungan gizinya. tinggi protein (mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh), bebas dari kolesterol, mengandung asam amino esensial, vitamin, mineral, dan dapat menjaga stamina tubuh agar selalu bugar. Kandungan lemak juga rendah.

Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan mereviltalisasi sumber hidup bahan utama be jubel dan be ancruk adalah dengan intervensi fisik dengan membatasi pembangunan pada lahan hijau. Peningkatan kualitas sawah yang masih ada, menerapkan sistem pertanian organik. Sedangkan untuk menyelamatkan ancruk adalah tetap memertahankan keberadaan tanaman yang menjadi habitat hidup ancruk ataupun dengan budi daya.

Published
2019-03-20