Upaya Promosi Pariwisata Pantai Liman Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Instagram @pantailimansemau)

  • Yudha Eka Nugraha Politeknik Negeri Kupang
  • Kresna Dami Politeknik Negeri Kupang
Keywords: Media Sosial, Instagram, Promosi Pariwisata, Pantai Liman, Desa Uitiuh Tuan, Pulau Semau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan pariwisata di Pantai Liman Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang. Media sosial instagram adalah media yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi media seperti foto maupun video sehingga instagram sangat membantu dan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan promosi Pantai Liman ke wisatawan yang belum mengetahui Pantai Liman melalui foto maupun video yang diposting ke instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kepala Desa Uitiuh Tuan dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Liman. Dalam proses pemanfaatan instagram sebagai media promosi wisata Pantai Liman, fitur instagram yang digunakan pada akun @pantailimansemau adalah fitur hashtag, instagram stories, foto, repost, comment, dan mention. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjadikan instagram sebagai salah satu media promosi secara online dengan memanfaatkan akun instagram @pantailimansemau yang sudah dibuat peneliti agar Pantai Liman lebih dikenal masyarakat luas dan juga menjadikan akun instagram @pantailimansemau sebagai akun resmi dalam mempromosikan Pantai Liman.

Published
2021-06-30