Faktor Pengaruh Keputusan Wisatawan Menginap Di Grand Jimbaran Boutique Hotel And Spa Kuta, Bali

  • I Made Rony Mulia Kusuma Putra Politeknik Negeri Bali
Keywords: Wisatawan, Hotel, Analisis Faktor

Abstract

Grand Jimbaran Boutique Hotel and Spa memiliki fasilitas yang lengkap dengan kunjungan wisatawan setabil pada tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan menginap di Grand Jimbaran Boutique Hotel and Spa dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisatawan menginap. Pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel yang dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan guest comment pada online travel agent secara acak kepada setiap populasi yang di temui atau berkaitan dengan tujuan penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan dalam pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 25. Pada pengolahan data dilakukan langkah-langkah yaitu mencari validitas, reliabilitas, dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 4 faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan menginap di Grand Jimbaran Boutique Hotel and Spa.

Faktor tersebut adalah faktor pelayanan dan harga memiliki total varian sebesar 58,196%, faktor lokasi memiliki total varian sebesar 5,918%, faktor promosi memiliki total varian 5,671% dan faktor desain memiliki total varian 5,136%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisatawan menginap adalah faktor pelayanan dan harga yang memiliki total varian tertinggi sebesar 58,196% dengan nilai eigen value sebesar 11,639 yang terdiri 10 variabel seperti karyawan simpatik dalam memberikan pelayanan, harga kamar yang terjangkau, seragam yang digunakan karyawan bersih dan rapi, kelengkapan layanan, banyaknya tipe kamar, memberikan pelayanan secara teratur dan jelas, harga kamar sesuai dengan kualitas kamar, pelayanan yang diberikan cepat dan mudah, karyawan memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, pelayanan karyawan ramah. Kumulatif dari ke-4 faktor adalah sebesar 74,921%, sehingga ketepatan model yang didapat sebesar 73%.

Published
2021-06-30