Analisis Tugas Room Attendant Dalam Menangani Complaint Tamu Deluxe Room The Haven Suites Canggu

  • Made Handijaya Dewantara Politeknik Internasional Bali
Keywords: Petugas Kebersihan Kamar, Komplain, Kamar Deluxe

Abstract

Masalah yang diteliti adalah tugas dan tanggung jawab room attendant, standar operasional prosedur, dan penanganan complaint tamu di deluxe room The Haven Suites Canggu. Metode yang di gunakan ialah
analisis deskriptif. Data yang diperoleh disusun dalam bentuk laporan. Berdasarkan hasil observasi ini dapat disimpulkan bahwa tugas dan tanggung jawab room attendant di deluxe room The Haven Suites Canggu sudah dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang dibagi menjadi dua shift yaitu morning shift dan evening shift yang mempunyai tugas yang sedikit berbeda. Room attendant sudah melaksanakan standar operasional prosedur yang di terapkan di The Haven Suites Canggu. Cara menangani dan menyelesaikan complaint tamu di The Haven Suites Canggu berbeda tergantung dari jenis complaint

Published
2019-03-20