Analisis Ragam Bahasa Istilah Dalam Iklan Pariwisata Di Media Digital Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pola karakteristik serta proses pembentukan berbagai ragam bahasa istilah yang digunakan dalam iklan pariwisata di media digital selama masa pandemi COVID-19. Ada beberapa istilah baru yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, tidak terkecuali pada iklan pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diambil dari iklan yang terdapat di media digital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya bahasa yang dikemukakan oleh Chaer & Agustina (2010) dan teori proses pembentukan kata oleh Katamba & Chaer (2008). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) pola karakteristik ragam bahasa yang digunakan dalam iklan pariwisata di media digital pasa masa pandemi COVID-19 adalah ragam bahasa nonformal, dan (2) ragam istilah yang digunakan terbentuk dari proses blending, singkatan dan compounding.