Persepsi Pengunjung Event Soundrenaline The Spirit Of All Time Terhadap Kualitas Pelayanan CV. Cipta Kreatif Komunika

  • I Kadek Budiartanayasa Karang Politeknik Pariwisata Bali
  • I Nengah Wirata Politeknik Pariwisata Bali
  • I Gede Sumadi Politeknik Pariwisata Bali
Keywords: Persepsi, MICE dan Event, Kualitas Pelayanan

Abstract

Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata MICE dan Event di Indonesia. Pengguna jasa event yang menjadikan Bali sebagai tempat kegiatan event, membuat pelaku usaha event organizer harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar perusahaan dapat bersaing. CV. Cipta Kreatif Komunika menyediakan jasa pelayanan event organizer dan production. Salah satu event yang dilaksanakan oleh CV. Cipta Kreatif Komunika adalah event musik Soundrenaline dengan tema The Spirit Of All Time. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung event Soundrenaline The Spirit Of All Time terhadap kualitas pelayanan yang diberikan CV. Cipta Kreatif Komunika, dengan menggunakan metode lima dimensi kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian) dan skala likert. Penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat persepsi pengunjung event. Data yang digunakan adalah kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya untuk 156 responden. Hasil yang diperoleh dari analisis data memberikan hasil penilaian pada bukti fisik dengan nilai (baik), pada kehandalan (cukup baik), daya tanggap (cukup baik), jaminan (baik), kepedulian (cukup baik). Kesimpulan dari kualitas pelayanan yang diberikan CV. Cipta Kreatif Komunika pada event Soundrenaline The Spirit Of All Time yang mengacu pada lima dimensi kualitas pelayanan memberikan penilaian baik, yang berarti dalam pelaksanaannya sudah baik berdasarkan persepsi pengunjung event.

Published
2022-12-28
How to Cite
Karang, I. K., Wirata, I. N., & Sumadi, I. G. (2022). Persepsi Pengunjung Event Soundrenaline The Spirit Of All Time Terhadap Kualitas Pelayanan CV. Cipta Kreatif Komunika. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 5(2), 127-134. https://doi.org/10.46837/journey.v5i2.111